Cara Mudah Edit Foto Ala Selebgram


Foto Pakai Preset Lightroom
Foto Pakai Preset Lightroom


Hobi baru saya sejak di rumah aja adalah bolak-balik liat Instagram. Banyak banget akun-akun yg saya follow, mulai dari akun gosip, akun berita, akun artis dalam dan luar negeri. SATU HAL YANG TIDAK LUPUT SAYA FOLLOW, YAITU  akun para seleb dan mamagram. Salah 1 hal yg menjadi kesamaan dari semua akun itu adalah kualitas foto/desain yg bagus. Warna tone foto yang senada/tidak biasa membuat saya jadi betah berlama-lama di halaman mereka.

Dulu saya pikir, saya tidak akan pernah bisa ngedit foto sendiri. Pasrah dengan kualitas foto yg biasa-biasa aja, karena saya gak ngerti cara mengatur komposisi warna, yang ada nanti malah fotonya jadi aneh. Padahal pengen banget punya foto-foto keren seperti para selebgram itu.


Say Hello to Preset Adobe Lightroom

Logo Adobe Lightroom
Logo Adobe Ligthroom

Awal tahun 2020 ini saya jadi semakin dekat dengan instagram dan doa saya dijawab oleh salah satu selebgram yg saya follow. Dia memberitahu bahwa untuk membuat warna/tone foto menjadi lebih hidup, cukup dengan memakai Preset Lightroom saja. Gak perlu repot mengatur komposisi warna, tinggal 1x klik saja, warna foto langsung berubah jadi beda dan lebih aesthetic sehingga enak dipandang lama.

Saya Pun mengulik lebih dalam lagi, apa sih preset itu? Bagaimana cara dapetinnya dan gimana cara pakainya?

Ternyata preset itu adalah settingan komposisi warna yang sudah disiapkan sebelumnya dan bisa langsung dipakai untuk mengedit warna foto. Mungkin kalo untuk teman-teman yg suka baking, preset itu ibarat tepung premix atau ibarat bumbu instan dalam urusan masak-memasak.

Contoh Preset Lightroom
Contoh Preset Lightroom


Preset yang paling umum digunakan adalah preset dari aplikasi Adobe Lightroom Mobile dengan format file DNG yang bisa dipakai di smartphone berbasis Android maupun iOS. Untuk aplikasinya sendiri, bisa di download GRATIS di Playstore ataupun Appstore. Sedangkan untuk presetnya, bisa dibeli secara online maupun download gratis di beberapa website, dan karena saya baik hati, jd saya akan memberikan FREE Preset di blog saya selanjutnya 😉


Cara MENGGUNAKAN Preset Lightroom di Android

Untuk dapat memakai preset Lightroom, ada beberapa aplikasi yg perlu diinstal terlebih dahulu, yaitu:

1. Adobe Lightroom Mobile

2. Google Drive

Google drive ini gak wajib, tapi akan lebih baik bila diinstal sekalian karena banyak preset lightroom yang dijual atau harus di download melalui google drive. Bila tidak punya google drive, maka preset harus di download dulu semuanya ke handphone, tetapi bila punya google drive, file preset bisa langsung di copy terlebih dahulu ke akun google drive kita lalu baru didownload ke handphone seperlunya saja, jadi memory di handphone tidak cepat penuh.

Konsep dasar pengaplikasian preset lightroom sebenarnya cukup sederhana, yaitu kita hanya melapisi/menempelkan/masking/menindih foto yg kita miliki dengan settingan preset tersebut.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Download file preset yang akan dipasang. 

Download file preset lightroom
Download file preset lightroom

2. Buka file preset DNG di aplikasi adobe lightroom mobile. 

Buka file preset di adobe lightroom
Buka file preset di adobe lightroom

3. Simpan settingan preset.

simpan setingan preset
simpan setingan preset

4. Buka foto yg mau diedit warnanya di aplikasi adobe lightroom mobile (sama seperti cara ke 2).

5. Klik logo preset, lalu pilih preset yg mau dipakai.

pasang preset di foto
pasang preset di foto

6. Bila sudah selesai, klik ekspor dan save filenya.

Save Foto di Adobe Lightroom
Save Foto di Adobe Lightroom

Berikut ini adalah perbandingan before afternya
Before After Foto Pakai Preset Lightroom
Before After Foto Pakai Preset Lightroom

Agar lebih jelas, silahkan tonton video panduannya di Vlog Mom Bella - Cara Pasang Preset Lightroom di Android.




Semoga tutorial simple ini bermanfaat ya, feel free untuk bertanya apabila ada yg kurang jelas 😁




Posting Komentar

18 Komentar

  1. Bagus nih mom be tips nya buat aku apalagi yg awam banget soal lightroom

    BalasHapus
  2. Mom bagus niih pembahasan nya dan tutorial nya

    BalasHapus
  3. Wah mantep ni preset bagus2 banget, thanks mom tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama2.
      smoga bermanfaat ya 😁

      Hapus
  4. Waahh bagus sekali ini tutorialnya

    BalasHapus
  5. Wah makasi banget infonya..aqu Ampe as biar paham😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo msh bingung, bole japri ��

      Hapus
  6. wah bermanfaat bgt nih infonya soalnya aku blm prnh pakai preset gni. bayar gg sih??

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplikasinya gratis mom. paling tinggal nyari presetnya aja. stay tune, aq bakal bagi preset gratis di postingan selanjutnya 😘

      Hapus
  7. bermanfaat sekali moms thanks bngt infonya

    BalasHapus
  8. Wah aku nemu tutorial nya bermanfaat banget Mom ini... Terimakasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mom. smoga bermanfaat ya 😁

      Hapus
  9. Bermanfaat banget mam makasi yaa info nya 😍

    BalasHapus